Translate

Rabu, 27 April 2016

Ternak Ikan - KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DALAM BUDIDAYA IKAN - AndreBisa

Ikan merupakan komoditas perairan sungai maupun laut dimana ikan tersebut dapat berkembangbiak dengan cara melahirkan (vivipar), bertelur (ovipar), dan bertelur melahirkan (ovovivipar), serta ada yang berkembangbiak dengan cara membelah diri (fragmentasi). Ikan saat ini sudah mulai banyak digemari masyarakat untuk dikonsumsi permintaan akan ikan pun sangat meningkat dan belakangan ini beberapa pembudidaya ikan yang baru pun mulai bermunculan. Banyak pembudidaya saling berlomba untuk memfaatkan lahan yang ada oleh karenanya saat ini sudah banyak diperkenalkan cara budidaya ikan.
Budidaya ikan merupakan usaha pemeliharaan atau kegiatan produktivitas perairan yang dihasilkan oleh sekelompok atau individu dalam bentuk pembenihan, pembesaran dan pengolahan disegala aspek akuatik untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam waktu tertentu (Nurhasan,2014).
Banyak pembudidaya ikan mengalami kegagalan dalam usaha tetapi semua itu tidak menjadi suatu kekecewaan akan tetapi ini akan menjadi hal yang baru agar para pembudidaya harus berhati-hati dalam melakukan pemeliharaannya. Biasanya yang menjadi kendala dalam membudidayakan ikan seringkali terjadi sepeti lingkungan yang kurang baik, cuaca yang tidak stabil/tidak normal, kondisi air tidak bagus, kurang memahami dalam teknik budiaya dan lain-lain sebagainya. Dalam usaha budidaya ada kelebihan dan kekurangan diantaranya adalah :
§  Kelebihan dalam budidaya ikan
1.        Dapat membatu ketersedian ikan konsumsi.
2.      Menambah penghasilan masyarakat pembudidaya.
3.      Mudah untuk mendapatkan ikan segar.
4.     Mudah untuk memijahkannya.
5.      Apabila ikan dalam keadaan stres bisa cepat diatasi dan dapat dilakukan pengobatan.
6.     Mudah memilih ikan ukuran konsumsi.
7.      Mudah melakukan penyeleksian induk.
8.      Mempercepat masa panen.
9.     Mudah untuk dipanen.
10.  Mudah dijangkau.

Dalam pemeliharaan ikan kelebihan dalam budidaya ini sangat terlihat sekali dimana budidaya ikan dapat dirasakan oleh masyarakat agar termotifasi untuk membuka peluang usaha budidaya sehingga sedikit-demisedikit dalam sektor perikanan mulai terlihat perkembangannya dimasa yang akan datang. Selain dari kelebihan dalam budidaya ikan kekurangan juga menjadi salah satu pertimbangan untuk melakukan pemeliharaan dalam budidaya ikan.
§  Kekurangan dalam budidaya ikan
1.        Mahalnya harga pakan.
2.      Susahnya Ketersedian benih yang berkualitas.
3.      Besarnya biaya pembuatan kolam.
4.     Waktu pengontrolan setiap saat.
5.      Pemberian pakan harus tepat waktu.
6.     Susah untuk beradaptasi dengan lingkungan.
7.      Tingginya tingkat mortalitas.
8.      Air sering diganti agar kandungan amoniak tidak melebihi.
9.     Tidak semua species ikan bisa dibudidayakan.
10.  Keterbatasan lahan untuk budidaya.


Kelemahan dalam budidaya tidaklah menjadi faktor pemicu kepada masyarakat khususnya pembudidaya menjadi takut untuk melakukan usaha budidaya. Banyak juga pembudidaya yang berhasil dalam melakukan usaha ini pada awalnya mereka juga berpikiran demikian tetapi setelah mencoba akhirnya mereka terus melakukan upaya agar usaha yang mereka lakukan terus berlanjut. Demikian juga sebaliknya sebagian masyarakat juga berpikir dimana kelemahan ini menjadi salah satu faktor untuk tidak melakukan budidaya ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar